Apa itu kroto??














Kroto Super Jakarta


Apa Itu Kroto??

Kroto merupakan nama yang digunakan untuk menyebut telur atau lavar semut. Kroto biasanya disebutkan untuk larva semut rangrang yang berukuran lebih besar dibanding dengan ukuran telur semut lainnya. kroto dihasilkan oleh ratu semut rangrang dan keberadaannya dilindungi dengan ketat oleh para semut pekerja dan biasanya ini tertelat di dalam gulungan daun. Jumlah telur yang dihasilkan bisa sangat banyak hingga ribuan dan semut pekerja yang menjaganya pun sangat banyak.

Kandungan nutrisi di dalam kroto

Kroto mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh baik untuk hewan maupun manusia. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dalam kroto diantaranya adalah protein sebesar 8,2 gram dalam 100 gramnya, apalagi di dalam kroto ini mengandung rendah lemak dan kalori hanya berkisar 2,6 gram saja dalam 100 gramnya dan lebi sedikit dibandingkan dengan lemak dan kalori yang ada di dalam telur ayam sebesar 11,7 gram.
Kandungan lemak dan kalori yang rendah ini sangat baik dan tidak mudah menyebabkan kegemukan atau obesitas. Selain itu kandungan lainnya yang ada di dalam kroto adalah  sejumlah mineral penting seperti zat besi, kalsium, potassium, sodium, dan vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2 dan niacin. Nutrisi yang ada di dalam kroto ini cukup lengkap.

Manfaat kroto
Kroto sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat herbal namun lebih terkenal digunakan sebagai pakan burung atau unggas karena kandungan nutirisnya akan membuat burung menjadi lebih lincah dan lebih berkicau merdu. Jenis burung yang diberikan pakan kroto ini bermacam-macam dan sebenarnya hampir semua burung juga mau memakannya antara lain seperti burung rumahan, burung indukan, burung kenari, burung finch, burung lomba, piyikan, trotolan dan masih banyak lainnya.
  1. Manfaat kroto untuk burung kicauan
Memberikan kroto untuk burung kicauan sangatlah baik karena mampu meningkatkan peforma kicauan burung supaya tetap fit, bugar dan rajin berkicau. Pemberian kroto pda burung kicauan lebih baik diberikan saat burung masih muda atau saat masih trotolan terutama pada burung yang masih dalam tahap pemasteran. Hal ini dikarenakan dapat membuat peningkatkan perkembangan otak sehingga burung akan lebih cepat mengingat dan menyimpan memori mengenai lagu atau irama yang diajarkan oleh masternya. Oleh karena itu jika anda memiliki burung kicau yang memang dipersiapkan untuk lomba, pakan kroto tidak boleh lepas atau absen.
Selain membuat suara kicauan menjadi lebih fit dan bagus, manfaat lainnya dari kroto ini adalah untuk membantu meningkatkan stamina burung yang sudah dewasa yang mengalami mogok bunyi yang disebabkan karena burung stress atau lesu. Burung yang ngambek ini biasanya ditandai dengan bulu-bulu yang tidak rapi dan mengembang. Oleh karena itu anda bisa memberikan kroto tiap hari untuk membantu mengatasi burung yang ngambek dan stress ini.
Bagi para penggemar burung terutama burung kicau pasti sudah mengetahui bahwa manfaat kroto untuk burung ini sangat banyak untuk kesehatan burung dan bisa mengatasi berbagai masalah gangguan kesehatan burung.
Dosis kroto untuk burung kicau
Kroto ini memang sangat baik untuk burung kicau namun pemberiannya sangat tidak dianjurkan berlebihan melainkan yang sedang-sedang saja asal rutin setiap harinya. Pada umumnya masing-masing burung membutuhkan dosis kroto yang berbeda-beda tergantung dari kondisi kesehatannya dan karakter masing-masing burung itu sendiri. Biasanya anda bisa memberikan pakan kroto sebanyak 10 butir saja setiap harinya atau 1 sendok teh saja jangan lebih dari itu karena nantinya bisa kebanyakan.
  1. Manfaat kroto untuk burung kontes
Kroto juga bermanfaat untuk burung kontes. Kandungan nutrisi di dalam kroto sangat baik untuk membuat bulu menjadi lebih mengkilap dan tidak mudah rontok. Selain membuat burung tidak mudah stress, pemberian kroto ini akan membuat burung kontes menjadi lebih sehat.
  1. Manfaat kroto untuk pemancing
Kroto juga fenomenal di kalangan pemancing. Banyak pemancing yang menggunakan umpan kroto terutama untuk menangkap ikan yang tidak relatif besar baik di dalam air tawar maupun air asin. Jika menggunakan umpan kroto ini maka strike akan lebih mudah terjadi. jadi anda berminat menggunakan kroto sebagai umpan pancing?
  1. Manfaat kroto untuk kesehatan manusia
Bukan hanya untuk burung dan mincing saja, manfaat kroto juga baik untuk kesehatan manusia. Mungkin anda masih asing dan agak aneh jika harus mengonsumsi kroto yang kecil-kecil ini namun rasanya tidak kalah enak dengan penganan lainnya. kroto bisa digunakan sebagai lauk makan yang akan memberikan rasa eksklusif dan khas. Mengonsumsi kroto ini mampu meningkatkan stamina dan tenaga setelah melakukan aktivitas sehari-hari.
Kroto ini bisa dijadikan lauk seperti pepes, sup, botok, tumis dan lainnya sesuai dengan selera anda masing-masing. manfaat kroto untuk kesehatan ini juga dikenal dengan manfaatnya membantu mengatasi penyakit sesak napas atau asma. Caranya adalah dengan merebus 1 hingga 2 sendok kroto dan kemudian minum secara rutin ramuan dari kroto ini. di negara Filipina bahkan menyebut kroto ini sebagai pakan ajaib.

Adakah bahaya kroto?
Banyak orang yang bertanya mengenai bahaya yang ditimbulkan dari penggunakan kroto ini sebagai pakan burung. Kroto mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan burung baik itu kicauan atau untuk bulunya yang cantik. Namun jika kroto diberikan secara berlebihan dapat membuat burung kegemukan atau obesitas yang akan membuatnya menjadi lemah dan tidak selincah sebelumnya. jadi sebaiknya anda tidak memberikan kroto ini dalam jumlah yang terlalu banyak terlebih lagi harga dari kroto agak mahal karena mencarinya susah jadi dengan memberikan sedikit saja akan membantu anda menekan biaya pengeluaran.


Peluang Usaha Budidaya Kroto

Apakah kalian pernah mendengar sebutan Kroto? Para pencita burung pasti sudah tidak asing lagi mendengar sebutan kroto karena kroto merupakan makanan kesukaan pada burung.




Kroto atau yang lebih dikenal dengan semut rangrang belakangan ini semakin banyak di buru atau dicari, Hal ini karena para pencinta burung semakin banyak di indonesia dan membutuhkan kroto sebagai bahan pangan bagi burung-burung mereka.



Bisa dibayangkan kalau kita jual Kroto ternyata harganya bisa Rp 150 ribu – Rp 200 ribu per kgnya? Bagaimana kalau kita bisa menghasilkan puluhan/ratusan kilogram? Lebih mengagetkanya lagi kroto ini ternyata perawatanya lebih murah dari pada ternak bebek atau ikan, hanya saja tidak semua orang berhasil mengembangkan usaha budidaya ternak kroto.



Kroto merupakan bahan pangan bagi burung dan ikan, biasanya bibitnya diambil dari alam sehingga pasokannya sangat langka, makanya itu kalau dijadikan untuk lahan bisnis akan sangat menjanjikan karena permintaan yang selalu naik.



Apakah semudah itu? Tentu saja tidak! Faktanya ternak semut untuk menghasilkan kroto jauh lebih sulit dari ternah mana pun, dengan menggabungkan koloni, lingkungan yang tidak mendukung, semut tidak produktif, belum lagi digigit saat masa panen.


Berternak semut rangrang untuk menghasilkan sebuah kroto memang gampang-gampang sulit, disebabkan faktor kelembapan udara, intensitas cahaya juga harus dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya, karena kalau tidak kroto akan stress dan ngambek sehingga tidak mau bertelur, akibatnya hasil panen akan jauh dari yang kita harapan.

1. Mempelajari Karakter Semut

Semut/rangrang sangat menyukai makanan yang mempunyai protein yang tinggi seperti kumbang madu, Saat kalian sedang membuka usaha budidaya ternak kroto tidak perlu repot-repot mencari kumbang, Cukup buatkan air gula sesekali.


2. Menyatukan Koloni

Cara ini adalah bagian paling sulit karena pada dasarnya semut hidup berkoloni, kalau kalian mencampurkannya langsung sudah dipastikan nanti semut-semut akan saling berkelahi dan ujung-ujungnya akan mati.



Cara menyatukan koloni yang benar :
  • Dalam hal ini kalian harus menyiapkan rak 2  tingkat.
  • Setelah itu, tinggal ambil semut di alam dan masukkan semua koloni ke dalam karung.
  • Sesampainya dirumah, buka ikatan dan kebaskan bagian atas sambil menggulung bagian atas supaya lebih pendek. Tujuanya agar nantu lebih mudah saat menumpahkan semutnya.
  • Selanjutnya ketuk karung tersebut dan semut mulai panik, lalu tumoahkan semut ke bagian rak atas.
  • Setelah itu, gedor lagi rak tempat anda menumpahkan semut seupaya semut yang lama juga ikutan panik.
  • Cara ini sangat efektif untuk mengurangin perkelahian antar koloni, misal kalian melihat mereka berkelahi, cukup tiup saja sampai bubar atau bisa menggunakan semprotan.
  • Selanjutnya biarkan saja koloni ini bersatu selama satu hari, baru buka sarang kroto keesokan harinya.


3. Memindahkan Calon Ratu

Tidak hanya lebah yang mempunyai ratu, semut pun juga punya, cirinya bisa dilihat dari bentuk badan yang besar, bersayap dan sering berjalan sendiri.

Ratu ini boleh dikarantina dan dipisahkan dengan koloninnya.

Jangan lupa berikan ratu beberapa teman semisal satu sendok agar tidak dibantai, jika selama 1 bulan masih akrab tambahkan lagi 1 sendok, kalau sekitar 6 bulan ratu ini mulai bertelur.

Warna telurnya mirip mentega, kalau kalian sudah bisa pintar merawat ratu, kemungkinan besar nanti akan gampang untuk masalah yang lainnya.


Cara Mencari Bibit Semut Rangrang

Bantak orang mencari bibit semut rangrang langsung dari alam, bila anda mencarinya dialam setidaknya ada 10 lebih sarang yang dikoleksi, Harapannya supaya pembentukan koloni sukses, ingat tidak semua bibit kroto menghasilkan kroto.

Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang menjual bibitnya dari pada krotonya, karena lebih mudah kecuali anda membeli bibit 300 toples, kemungkinan besar kalian bisa panen menghasilkan kroto yang cukup banyak untuk tahap awal usaha budidaya ternah kroto.

Yang jelas hal-hal dasar diatas tidak cukup, kalian cukup ketahui tentang caltu, pejantan, jumlah ratunya dan cara berkembangbiaknya untuk sukses dibidang ini.

Meskipun terlihatnya cukup mudah tetapi dengan usaha ternak kroto ini sangat memerlukan kesabaran yang cukup tinggi.


Analisis Biaya Usaha Budidaya Kroto


Untuk memulai usaha budidaya ternak kroto diawal tidak terlalu sulit, karena anda hanya perlu mempersiapkan sekitar 300 toples ukuran mini sebagai media sarang semut rangrang tersebut, prosesnya budidaya kroto ini diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan.



Berikut Analisi Usaha Budidaya Ternak Kroto yang dapat kalian pelajari.



Asumsi
  • Selama 60 hari pertama, kita akan fokus pada pengembangbiakan koloni semut rangrang, dimulai dari 300 toples sarang semut, akan bertambah menjadi 1100 toples, ini yang dilakukan bertujuan untuk produktivitas panen yang ideal setiap harinya.
  • Proses panen hanya dilakukan pada 800 top;es, sedangkan sisanya untuk proses perkembangbiakan, dengan begitu jumlah koloni semut akan tetap bertahan dan produksi kroto akan terjaga.
  • Dalam kurun sekitar 20 hari diperkirakan akan menghasilkan 0,25 ons Kroto, dan dibutuhkan 40 toples untuk mendapatkan 1 kg Kroto. Diharapkan kalian bisa memanen 1 kg Kroto per harinya.
  • Diperkirakan masa panen setelah 6 bulan, dikurangi masa untuk membuat koloni yang baru selama 2 bulan makan masa panen setelah 120 hari waktu produktivitas panen, jadi diperkirakan akan panen sekitar 120 kg kroto.
  • Harga jual Kroto adalah Rp 150.000 – Rp 200.000 per kg.

  • Estimasi Pengeluaran Dalam Budidaya Ternak Kroto


    KeteranganJumlahBiaya
    Biaya pembuatan kandang Kroto ( rak kayu )5 x @ 250.0001.250.000,-
    Biaya pembelian bibit / toples300 x @ 30.0009.000.000,-
    Toples pembibitan600 x @ 3.000600.000,-
    Biaya perlengkapan, tempat pakan,  dan lainnya100.000,-
    Biaya pakan (gula, ikan asin, ulat, konsentrat)/bulan6 x @ 250.0001.500.000,-
    Total pengeluaran12.450.000,-


    Biaya ini adalah untuk biaya awal untuk budidaya kroto pada awal usaha, untuk selanjutnya anda hanya mengeluarkan biaya untuk pemberian pakan ternak yaitu sekitar Rp 250.00 rupiah, sementara untuk bibir kroto anda sudah bisa menghasilkan sendiri.

  • Harga Kroto dan Bibit Kroto


  • Kami punya harga yang spesial bagi Anda yang ingin memulai usaha ternak kroto dan bagi Anda yang mencari kroto super untuk dijual kembali ke pemancing dan juga kicau mania.

  • Harga Bibit Kroto : Rp. 25.000/toples
    Harga Kroto Super : Rp. 190.000/kg

Kroto Super Jakarta

Kami beralamatkan di Jl. MKJ III No.31 Bintaro, Pesanggrahan, DKI Jakarta. Jika ingin bertanya-tanya atau langsung membeli bibit serta kroto dari kami, Anda dapat menghubungi nomor di bawah ini :
Nomor Handphone :
0895 1453 2253
LINE : @prabuhataprawira
WhatsApp : 0895 1453 2253

Untuk Pemesanan isi Form berikut dibawah ini :
Nama Anda
:
Email
:
No Handphone
:
Alamat Pengiriman (baris 1)
:
Alamat Pengiriman (baris 2)
:
Kota/Kabupaten
:
Kode Pos
:


Catatan Tambahan
:







Komentar